Tentang Unclegoop[dot]com

Tentang Unclegoop[dot]com

Unclegoop[dot]com adalah blog pribadi milik Dewanto.

Dia sungguh pelupa dan memerlukan tempat untuk menyimpan berbagai hal menarik yang terjadi dalam hidupnya. Hal-hal itu ditulisnya menjadi sebuah cerita sebagai sebentuk rekaman perjalanan hidupnya. Selain itu, dia pun mencoba mencari makna dari setiap kejadian sebagai pengingat agar tidak terperosok ke dalam lubang yang sama.

Tulisan Dewanto di sini juga termasuk menerjemahkan berbagai informasi penting yang ditemukannya di belantara internet dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia. Pertama, dia suka membaca situs Medium yang menyajikan berbagai bacaan kegemarannya, mulai dari informasi tentang blog hingga tentang kehidupan. Dewanto juga senang menyaksikan berbagai video di TED untuk menemukan berbagai ide yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Selain itu, dia senang menonton film dan membaca buku. Oleh karena itu, tak jarang akan ditemukan juga tulisannya yang berisi review film dan buku yang dibacanya. Seringkali dia lupa me-review, namun justru bercerita tentang film atau buku yang ditontonnya.

Terkadang, ada pula teman atau perusahaan yang meminta tolong agar profil atau produk mereka ditulis di blog ini. Oleh sebab itu, jangan heran bila ditemukan beberapa pariwara demi keberlangsungan hidup blog ini sendiri dan juga penulisnya.

Tentang Dewanto

Halo, saya Dewanto, pemilik unclegoop[dot]comDia adalah seorang suami dan bapak dari dua gadis kembar Bening dan Embun.

Dia lahir di Temanggung beberapa tahun yang lalu kemudian tumbuh dan bersekolah di Magelang. Saat kuliah dia pindah ke Jogja dan kemudian bekerja di Klaten. Tak lama, setelah kontrak kerjanya selesai, dia pun pindah ke Jakarta. Kini, bersama istri dan anaknya dia mengontrak rumah mungil di Jakarta Barat.

Sehari-hari dia bekerja, namun kini dia sedang disuruh belajar lagi di Australia.

Dia suka membaca, menulis, menonton film, sedikit fotografi, serta menonton olah raga.

Dia kurang suka berdebat, namun senang menonton atau membaca orang lain berdebat.

Semua tulisan yang tersaji di blog ini adalah pendapat pribadi Dewanto dan tidak mewakili institusi mana pun.

Sejarah Unclegoop[dot]com

Pada medio 2007-2008, blog di Indonesia sedang mengalami masa kejayaan. Pada saat itu, riuh sekali jagad blogosphere.

Dewanto pun tak ketinggalan membuka blog pertamanya dengan menumpang di WordPress. Setelah itu, dia mencoba berbagai layanan blog, mulai dari Blogspot, Blogdetik, Salingsilang, Kompasiana, dan lain-lain. Tak hanya itu, sewaktu sosial media muncul, Dewanto juga ikut berkecimpung di Plurk, Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dan berbagai layanan lainnya.

Satu ketika, seorang kawan menyarankan agar membuat alamat blog sendiri dan tidak lagi menumpang di wordpress. Dewanto pun menyetujui usulan itu dan memesan domain serta hosting atas nama Unclegoop[dot]com.

Selama perjalanannya, banyak yang sudah dituliskan dari mulai yang remeh sampai dengan yang rumit.

Satu persamaannya, Dewanto mencoba menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar atau sesuai dengan EYD di blognya. Oleh sebab itu, jangan heran bila dirasa Bahasa yang digunakan di blog ini cukup resmi. Hal ini terjadi karena Dewanto ingin belajar bagaimana menulis yang baik dan benar. Nantinya, keterampilan menulis sesuai EYD sangat bermanfaat di berbagai bidang kehidupannya. Sebagai contoh mulai dari membuat laporan di kantornya, menyusun paparan, hingga sangat menolong dan sekaligus merepotkannya saat harus menulis dan bicara dalam Bahasa Inggris.

Jika ingin membaca seluruh tulisan di Unclegoop[dot]com, pembaca dipersilakan untuk mengunjungi halaman Arsip.

Namun, jika sekiranya ada yang ingin ditanyakan atau informasi lain termasuk juga saran, komentar, dan kritik silakan melalui halaman Kontak atau berbagai sarana berikut ini:

Email: unclegoop@gmail.com

atau jejaring sosial kami.

Twitter

Facebook

Google+

Instagram

Pinterest

Silakan ditambahkan Unclegoop[dot]com ke dalam berbagai jejaring sosial Anda. Mari kita berbagi berbagai hal yang menarik dan bermanfaat. Serta jangan lupa untuk berlangganan Unclegoop[dot]com jika Anda ingin memperoleh update terbaru dari blog ini.

Terima kasih banyak sudah meluangkan waktu Anda untuk membaca.

Salam hangat,

Goop


PS: Sedikit informasi tambahan mengenai ‘uncle’ dan ‘goop’

Dewanto memilih ‘uncle’ agar akrab. Ini mengingatkannya kepada pamannya. Hubungan mereka sangat dekat, mulai dari kesamaan hobi hingga berbagai kenakalan kecil.

Seorang Paman tentunya dirasa lebih dekat daripada Ayah atau Kakek. Terkadang, banyak hal yang tidak bisa atau dirahasiakan oleh orang tua, namun Paman akan dengan senang hati membaginya, bukan?

Atas dasar semangat itu pula, Dewanto memilih ‘uncle’ sebagai bagian dari nama blognya agar ada kedekatan dengan para pembaca sekalian.

Selanjutnya mengenai ‘goop’.

Goop adalah satu kata dalam Bahasa Inggris yang berarti seseorang yang bodoh.

Dengan pemilihan nama itu, sekaligus juga pengakuan tentang kebodohan, maka diharapkan ada keinginan dan kesempatan untuk senantiasa belajar dan mengembangkan diri.

Akhirnya gabungan keduanya menjadi nama blog ini: Unclegoop[dot]com