Merawat Mobil

Jadi, sudahkah Anda membeli sebuah mobil di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012?

Selamat, ya, kalau sudah…. Makan-makan, dong, jangan lupa, hahaha.

Mumpung mobil masih baru, jangan lupa perawatannya, ya. Apalagi kalau yang membeli mobil seken, harus lebih teliti lagi itu.

Mobil baru sekarang ini banyak yang sudah menggunakan sistem komputerisasi, alhasil pengecekan manual oleh pemilik kendaraan bisa relatif lebih mudah. Sementara itu, untuk mobil seken hal-hal sepele tidak boleh diremehkan.

Sejatinya tak perlu repot, kok, cukup dengan membuka kap mesin saban pagi dan melihat kondisi mesin. Coba perhatikan di karburator, apakah ada kebocoran atau barangkali ada masalah lain.

Selain cek kondisi mesin, kebiasaan untuk menyetir dengan baik juga jangan dilupakan. Pasalnya, apabila terbiasa menyetir sembarangan ujung-ujungnya akan memengaruhi mesin. Memang terkesan sepele, namun sebenarnya bisa memengaruhi umur mesin kendaraan.

Langkah selanjutnya adalah mencari bengkel untuk mobil Anda. Terdapat dua pilihan, apakah akan menggunakan bengkel resmi atau tak resmi. Kedua pilihan tersebut masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Dilihat dari sisi harga, bengkel resmi biasanya mengenakan tarif lebih mahal daripada bengkel tak resmi. Paling enak sebenarnya kalau Anda berhasil menemukan bengkel umum yang memiliki montir handal. Terkadang dengan pengalamannya, seorang montir bisa menentukan apakah suatu suku cadang masih layak atau tidak digunakan. Informasi mengenai bengkel semacam ini bisa didapatkan dari teman di satu klub mobil.

Apabila menghadapi kerusakan atau harus servis bagian tertentu, terkadang ada juga yang membawa mobilnya ke spesialis. Sebagai contoh ketika pendingin mobil rusak, maka silakan membawanya ke bengkel khusus AC.

Bagaimana dengan bengkel resmi, apa saja keuntungan yang bisa didapatkan di sana?

Pertama, bengkel dijamin nyaman dan dilengkapi dengan alat-alat tercanggih. Terkadang ada pula layanan bengkel berjalan atau bahkan bisa datang ke rumah pemilik mobil.

Keuntungan kedua, montir yang ada di bengkel resmi biasanya sudah melalui pengujian oleh perusahaan. Mereka ini sudah ada standardisasinya, sehingga lebih terjamin. Ketiga, sebuah ATPM bisa saja memiliki layanan 24/7, dua puluh empat jam selama tujuh hari seminggu, alias tidak pernah libur.

Lebih lanjut, sebaiknya pemilik mobil menggunakan jasa servis yang sama. Jika ditangani oleh satu tangan, maka teknisi dan pemilik mobil sudah saling memahami karakter mobil tersebut.

Di bagian awal sudah disebutkan mengenai pengecekan harian, nah, apa saja pengecekan tersebut: cek air aki, kemudian hidupkan mesin, lalu cobalah hidupkan AC. Pemilik mobil sebaiknya berhati-hati saat akan menambahkan sesuatu, baik dari sisi mesin, maupun aksesori. Khawatirnya, kalau sembarangan ditambahkan perangkat lain, dapat memengaruhi sistem yang lain karena tak menutup kemungkinan terjadinya konflik.

Bagian oli adalah terpenting di antara yang lain. Pelumas menjaga kinerja mesin agar tetap baik, oleh sebab itu, jangan lupa juga untuk selalu mengecek kondisi oli.

Berikut ini adalah beberapa jenis perawatan yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik mobil:

Kebersihan kendaraan, cucilah setiap kali mobil Anda kotor. Jangan dilupakan untuk membersihkan bagian dalam mobil, karena apabila bagian dalam kotor, misalnya karpet, dapat memengaruhi kinerja AC.

Cek kondisi ban, tekanan anginnya, kondisinya juga, apakah sudah gundul atau masih bagus.

Cek kondisi rem, gantilah minyak rem setiap 20.000 Km. Selain itu, waspadalah bila rem sudah terasa tak nyaman. Indikatornya antara lain: rem mengeluarkan bunyi saat dioperasikan atau pedal rem bergetar saat diinjak. Apabila tercium bau hangus, Anda pun harus segera mengecek rem agar tak mengakibatkan rem blong.

Cek kondisi air radiator, aki, dan wiper, segera tambahkan bila air di bagian tersebut kurang.

Cek minyak power steering, indikator apabila minyak habis adalah kemudi terasa berat apabila digunakan untuk berbelok.

Tulisan ini adalah rangkuman dari Tabloid Kontan Edisi Khusus, ‘Panduan Cerdas Memiliki Mobil’ yang terbit pada bulan Juli 2012, khususnya pada artikel berjudul, ‘Rajin Merawat agar Kendaraan Selalu Sehat’ dan ‘Tidak Perlu Menunggu Montir Beraksi’.

[adsenseyu1]

 

One thought on “Merawat Mobil”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>