Memilih Bank dan Leasing untuk Kredit

Pada artikel kemarin, Anda sudah dipaparkan tentang pertimbangan-pertimbangan mengenai metode pembelian mobil, apakah akan tunai, kredit, atau menabung dulu. Pada artikel hari ini, akan dipaparkan mengenai pilihan-pilihan pembiayaan mobil melalui bank atau multifinance.

Bank

Tawaran pembiayaan bagi yang ingin membeli dengan cara mengangsur adalah dari lembaga pembiayaan atau bank. Apabila Anda mengambil kredit di bank, kelebihannya adalah bunga kredit yang lebih kecil, daripada bunga yang ditawarkan oleh leasing. Hal ini terjadi karena bank adalah pemilik dana secara langsung. Selain itu, rate asuransi yang ditawarkan oleh bank juga lebih murah.

Kelemahannya, syarat yang diminta bank untuk pengajuan kredit sangatlah berat untuk pengajuan kredit mobil ini. Akibatnya, bank membutuhkan waktu sangat lama untuk persetujuan kredit. Pasalnya mereka harus melakukan verifikasi data secara cermat supaya tak menyalahi aturan BI. Salah satunya, pemeriksaan nasabah dalam Sistem Informasi Debitur (SID).

Seringkali bank hanya akan menawarkan fasilitas kredit kepada nasabahnya saja. Hampir semua bank mensyaratkan: WNI berusia 21 hingga 55 tahun yang memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap. Kemudian calon nasabah juga harus melengkapi sejumlah dokumen seperti salinan kartu tanda penduduk (KTP), slip gaji bulan terakhir, dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Lembaga Pembiayaan

Lembaga pembiayaan atau leasing memiliki lebih banyak kemudahan dalam pengajuan kredit roda empat. Selain itu, proses persetujuan kredit tak memakan waktu lama. Proses yang singkat ini lantaran leasing lebih fleksibel dalam menerapkan berbagai persyaratan.

Sayangnya, kecepatan dan kemudahan kredit dari leasing diganti dengan bunga yang lebih tinggi daripada bank. Lebih lanjut, leasing mempunyai jaringan yang lebih banyak daripada bank. Perusahaan pembiayaan memang lebih gesit, hingga mereka bisa menjangkau lebih banyak dealer atau showroom penjualan mobil, baik baru maupun bekas.

Menentukan Leasing

Setiap kali mendatangi showroom, pasti mereka sudah mempunyai kerjasama dengan beberapa bank atau multifinance tertentu. Kepada mereka inilah dealer biasanya akan mengarahkan kredit Anda.

Sebelum membeli mobil, ada baiknya melakukan rist terlebih dahulu. Dalam riset tersebut, carilah informasi sebanyak mungkin tentang berbagai lembaga pembiayaan. Fokus utamanya adalah pelayanan yang diberikan oleh leasing, mengingat kerjasama kita dengan mereka yang cukup lama.

Bentuk pelayanan tersebut antara lain adalah kemudahan sistem pembayaran. Apakah bisa dilakukan melalui bank, lewat ATM atau pembayaran harus ke teller di kantor cabang. Apabila harus langsung ke kantor cabang, perhatikan jumlah kantor cabangnya dan kemudahan serta kedekatan akses menuju ke sana.

Setelah pelayanan diketahui, ada baiknya apabila Anda mendapatkan informasi yang jelas soal reputasi atau kredibilitas perusahaannya. Carilah informasi bagaimana tanggapan orang selama ini akan perusahaan itu, apakah cukup bagus atau bermasalah. Tak lupa, Anda juga bisa mencari berbagai produk kredit yang menguntungkan, misalnya bunga yang ringan.

Dengan riset tersebut, Anda sudah memiliki senjata untuk menghadapi para pemasar. Bila mereka menawarkan berbagai produk, barangkali bisa ditanyakan apa produk yang paling pas untuk Anda. Sebab, para pemasar seringkali tidak menunjukkan semua produk yang dimiliki.

Showroom dan leasing terkadang juga memiliki paket khusus. Lihatlah paket khusus ini, siapa tahu ada yang lebih murah dan menguntungkan.

Tulisan ini adalah rangkuman dari Tabloid Kontan Edisi Khusus, ‘Panduan Cerdas Memiliki Mobil’ yang terbit pada bulan Juli 2012, khususnya pada artikel berjudul, ‘Jeli Memilih Pembiayaan untuk Mobil Idaman’.

[adsenseyu1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>