Cermat Membeli Mobil

Bersamaan dengan penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta International Expo (JIE) Kemayoran, Jakarta, maka saya ingin berbagi beberapa hal mengenai mobil. Terutama berbagai hal yang harus dicermati saat Anda akan membeli mobil. Bagian pertama adalah motif membeli mobil itu sendiri, pendanaan, dan beberapa hal lain yang semestinya dicermati sebelum Anda membeli mobil.

Ada beragam motif orang membeli mobil, tapi mayoritas mengatasnamakan faktor kebutuhan. Seperti, kebutuhan moda transportasi ke kantor, mengantar anak sekolah, plesiran di akhir pekan hingga mendukung aktivitas usaha.

Sebagai calon konsumen, Anda harus menentukan terlebih dahulu kebutuhan yang ingin dicapai dengan memiliki mobil. Tujuannya agar kebutuhan itu bisa disesuaikan dengan mobil yang hendak dibeli. Misalnya, jika untuk operasional harian sendiri di dalam kota, pilihlah jenis city car berukuran kecil sehingga hemat bahan bakar dan mudah bermanuver di kemacetan lalu lintas jalan.  Sedangkan jika hanya dipakai untuk pelesiran keluarga besar ke luar kota di akhir pekan, belilah mobil jenid MPV bermuatan banyak.

Soal pendanaan, tentu bukan masalah besar bagi konsumen yang merupakan kelas menengah ke atas. Untuk membeli mobil, si kaya sanggup membayarnya secara tunai. Tapi bagi golongan menengah berpendapatan lebih sedikit, membeli secara kredit merupakan opsi yang rasional.

Khusus untuk membeli secara kredit, aturan mengenai minimal uang muka kredit kendaraan bermotor yang baru berlaku pertengahan Juni lalu perlu dicermati para konsumen. Yang jelas, jangan sampai cicilan kredit tersebut mengganggu arus kas bulanan rumah tangga.

Hal lain yang perlu dicermati calon konsumen adalah aneka pajak yang mesti dibayar saat membeli mobil, termasuk pajak rutin yang mesti dibayar setelah memiliki kendaraan roda empat tersebut. Awas, ada pajak progresif bagi seseorang yang memiliki mobil lebih dari satu.

Setelah membeli, masih ada beberapa rambu yang mesti diperhatikan agar hati dan kantong Anda nyaman saat mengendarai mobil. Seperti, perlindungan asuransi kendaraan, merawat, serta bermacam dana yang harus dialokasikan tiap bulan untuk mobil kesayangan.

Tulisan ini adalah rangkuman dari Tabloid Kontan Edisi Khusus, ‘Panduan Cerdas Memiliki Mobil’ yang terbit pada bulan Juli 2012, khususnya pada artikel berjudul, ‘Cermat Beroda Empat’.

[adsenseyu1]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>