Mencari Kontrakan

Melanjutkan kisah saya tinggal bersama istri, maka tiba saatnya saya bercerita mengenai kontrakan. Sebagai pendahuluan, izinkan saya bercerita bagaimana saya memeroleh kontrakan yang saya tinggali sekarang. *Halah banget!* :D

Misi utamanya adalah bagaimana memeroleh kontrakan yang dekat dengan tempat istri bekerja. Pertimbangannya tentu agar mempermudah ia mencapai kantor. Terus bagaimana dengan saya? Sebagai seorang suami yang baik, tidak sombong dan pintar menyapu, hahaha, sudah sewajarnya apabila saya harus mengalah dan mengabaikan soal jarak tempuh ke kantor.

Pertimbangan selanjutnya adalah bagaimana agar kontrakan tersebut nyaman untuk kami tinggali. Mengingat begitu sulitnya istri harus beradaptasi dengan suatu tempat, maka paling tidak tempat itu harus memenuhi syarat-syarat dari istri. Syarat itu adalah sebuah lokasi yang harus bersih, bebas banjir dan akses belanja, warung, pasar pun dekat.

Bagaimana dengan saya? Ah, asalkan bersamanya tinggal di kandang pun jadi. *eaaa* :P

Bersyukurlah saya memiliki latar belakang ilmu yang menyangkut soal keruangan, di samping itu saya pun akrab dengan citra satelit yang suka nampang di google maps. Oya, saya pun harus berterima kasih kepada layanan dari google itu, karena dengannya hidup jadi lebih mudah.

Google maps sudah menyediakan citra satelit lengkap untuk wilayah Jakarta. Saya tinggal membukanya di peramban dan search Jakarta. Mula-mula saya mencari lokasi kerja istri saya, setelah ketemu, lalu saya perluas area ke daerah-daerah di sekitarnya.

Oiya, lokasi kerja adalah di Pantai Indah Kapuk. Sebuah daerah elit di utara Jakarta. Lokasi ideal memang untuk tempat tinggal, namun sungguh tak ideal untuk ukuran kantong saya. Bagaimana tidak, bila harga rumah di sana rata-rata 1-2 milyar!

Cengkareng Indah, mula-mula saya tertarik dengan lokasi itu. Di google maps, saya cari dan mengira-kira jaraknya memang tak terlalu jauh dengan lokasi kerja istri. Sebuah lokasi yang ideal dari sisi jarak dan akses ke kantor. Namun, riwayat banjir di tempat tersebut membuat saya mengurungkan niat. Lebih lagi apabila melihat pola perumahan di daerah tersebut, sungguh sudah sangat padat dan rasanya akan terasa sesak untuk ditinggali.

Pola Perumahan di Cengkareng

Tak patah semangat, pencarian saya lakukan lagi di sepanjang Jalan Daan Mogot. Memang, di lokasi ini menjadi pilihan karena kira-kira di sinilah titik tengah yang bisa saya dan istri tolerir untuk mencapai lokasi kerja masing-masing. Saya pun mempertimbangkan kemudahan transportasi alternatif, dalam hal ini adalah Transjakarta sebagai cadangan apabila satu ketika ada kendala pada sepeda motor saya.

Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka lokasi halte busway adalah patokan saya untuk mencari kontrakan. Mula-mula di daerah Grogol, aduh di sana terlampau jauh rupanya dari kantor istri. Lanjut lagi ke daerah Indosiar, sayang di sana lebih banyak daerah perkantoran atau pergudangan.

Halte Taman Kota, itulah akhirnya yang menyilaukan saya. Daerah di selatannya menunjukkan pola-pola jalan yang teratur dengan atap-atap rumah yang tertata rapi. Pola ini menunjukkan sebuah daerah perumahan. Akhirnya, di sinilah daerah incaran saya.

 

Pola Jalan dan Permukiman di Taman Kota

Harap dicatat, semua lokasi itu tidak saya kunjungi langsung. Melalui google maps, cukuplah saya berdiam diri di depan monitor dan membiarkan mata saya yang sibuk mencari pola-pola permukiman. Memudahkan sekali, bukan?

Setelah mendapatkan lokasi incaran, tinggalah saya melakukan survey lapangan untuk menemukan kontrakan yang saya harapkan dengan mendasarkan pada kriteria-kriteria yang sudah dibuat sebelumnya. Syukurlah dimudahkan semuanya, sehingga saya pun bisa menulis cerita ini dengan mudah di kontrakan itu :D. Selamat mencoba, kawan.

 

2 thoughts on “Mencari Kontrakan”

  1. looohhh kapan undangan nya ya ? aku kok ga dapet ? *melipir*

    [Jawab?]

    unclegoop menjawab:

    @mbak ulan
    hahaha, ngga dapet, ya?
    maafkan, repot sekali waktu itu, sampai-sampai tak sempat kabar-kabar :)

    [Jawab?]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>